Home / Artikel / 3 Gejala Awal Luka Gangren Kering yang Kerap Muncul Pada Diabetesi

3 Gejala Awal Luka Gangren Kering yang Kerap Muncul Pada Diabetesi

Oleh Novita Joseph Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri – Dokter Umum.

Gangren kering adalah kondisi yang menggambarkan matinya jaringan di dalam sel tubuh karena tidak dialiri oleh darah hingga akhirnya menimbulkan luka. Biasanya, kondisi ini biasanya dialami oleh orang dengan diabetes. Apa saja gejala gangrene kering? Simak penjelasannya di bawah ini.
Apa penyebab terjadinya gangren kering?

Pada dasarnya, gangren disebabkan oleh terhambatnya aliran darah di bagian tubuh yang terkena. Jaringan-jaringan pada tubuh memerlukan pasokan nutrisi dan oksigen yang dibawa oleh darah.

Darah juga berfungsi untuk mengangkut racun di dalam tubuh. Bila aliran darah terhambat akibat plak menumpuk di pembuluh arteri, darah tidak akan mengalir lancar ke berbagai jaringan tubuh. Akhirnya, sel-sel pada jaringan tersebut mati dan awalnya akan memunculkan warna merah, biru hingga keunguan.
Apa saja gejala gangren kering?
1. Nyeri

Pada gejala gangren kering, tubuh Anda akan mengalami efek penurunan oksigen yang disebabkan karena aliran darah terhambat dan kotoran mengendap di dalam tubuh.

Ini bisa menyebabkan tubuh atau bagian yang terkena terasa nyeri. Akhirnya, lama kelamaan rasa nyeri yang dirasakan bisa membuat bagian yang terkena gangren jadi mati rasa dan jaringan saraf nya mati.
2. Warna kulit berubah

Bila bagian tubuh yang terkena berada di bawah area jantung, ini bisa menimbulkan warna kulit bagian tersebut jadi berwarna kemerahan bahkan menggelap. Jika area tubuh yang terkena diangkat atau ditekan, ia bisa berubah warna menjadi warna putih pucat.
3. Luka pada kulit

Setelah nyeri dan warna kulit yang berubah, gejala gangren kering bisa diketahui dengan munculnya ulkus atau luka pada kulit. Terkadang orang akan menyangka bahwa ini hanyalah bisul. Namun lama kelamaan luka bisa membesar dan menyebabkan rasa nyeri berlebih.

Perhatikan juga, bila pada tepi luka yang Anda alami berwarna hitam ini mungkin menjadi pertanda hilangnya jaringan yang bisa lebih meluas lagi. Jika luka gangrene ukurannya dalam dan melebar, ada kemungkinan Anda membutuhkan amputasi di bagian tubuh yang terkena tersebut.
Bagaimana cara menyembuhkan gangren kering?
Operasi vaskular

Operasi vaskular mungkin dibutuhkan bagi orang yang mengidap gangren kering akibat peredaran darah yang buruk tidak lancar. Pembedahan ini untuk meningkatkan aliran darah melalui pembuluh darah ke jaringan tubuh.
Terapi ruang oksigen hiperbarik

Anda mungkin akan membutuhkan terapi ruang oksigen hiperbarik untuk memperlambat pertumbuhan bakteri yang menginfeksi gangrene dan memberi suplai oksigen berlebih pada tubuh Anda. Nantinya, Anda akan berada di dalam ruangan dengan tekanan udara yang tinggi. Oksigen juga dibutuhkan oleh jaringan yang rusak untuk mempercepat proses penyembuhan.
Debridemen jaringan

Dalam kasus gangren kering yang sudah parah, jaringan atau bagian tubuh yang mati mungkin perlu diangkat dan dibuang. Proses ini disebut debridemen jaringan. Debridemen dapat dilakukan dengan alat bedah atau dengan bahan kimia tertentu.

Tujuan dari jenis operasi ini adalah untuk mengangkat area yang terkena guna mencegah penyebaran infeksi dan membersihkan tubuh dari jaringan yang mati.

Sumber : https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/gejala-gangren-kering-awal/

About admin

Check Also

Merasa Panas Terbakar di Ulu Hati? Cepat Atasi Dengan 4 Cara Sederhana Ini

Oleh Aprinda PujiInformasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus – Dokter Umum. Nyeri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *