Home / Artikel / Warna Ingus dan Kondisi Tubuh, Cek Anda yang Mana

Warna Ingus dan Kondisi Tubuh, Cek Anda yang Mana

Giovani Dio Prasasti


Warna Ingus dan Kondisi Tubuh, Cek Anda yang Mana

Liputan6.com, Jakarta Saat sedang pilek, pernahkah Anda memperhatikan warna lendir ingus yang keluar dari hidung? Beberapa mungkin melihat warna kuning, hijau, atau putih.

Namun, warna-warna ingus sesungguhnya bisa menjadi sebuah pertanda tentang apa yang sedang terjadi dalam tubuh Anda.
Mengutip Webmd pada Jumat (6/7/2018), warna ingus kuning atau hijau kebanyakan dianggap sebagai infeksi, namun itu belum tentu terjadi karena bakteri.

Mengutip dari laman Cleveland Clinic, pada Jumat (6/7/2018) berikut ini warna ingus dan apa yang sedang terjadi dalam tubuh.

1. Bening

Anda dalam keadaan normal. Lendir yang sehat sebagian besar adalah adalah air, dengan protein, antibodi, dan garam yang larut.

Jaringan hidung Anda menghasilkannya 24 jam dalam 7 hari. Sebagian besar mengalir ke belakang tenggorokan untuk dilarutkan dalam perut.

2. Putih

Pembengkakan di jaringan yang meradang di hidung memperlambat aliran lendir. Membuatnya kehilangan kelembaban dan membuatnya lebih tebal serta keruh.

Bisa jadi hal itu menjadi pertanda pilek atau yang lain seperti infeksi hidung.

Pertanda Sistem Pertahanan Tubuh

Ingus berwarna kuning atau hijau karena karena adanya sistem pertahanan tubuh yang melawan penyakit (Ilustrasi/iStockphoto)

3. Kuning

Pilek atau infeksi Anda sedang berkembang. Sel-sel yang melawan infeksi mungkin menuju ke tempat mikroba menginfeksi. Sel darah putih ada di antara mereka.

Setelah itu, mereka akan membuat tubuh mengeluarkan lendir. Pilek biasanya akan berlangsung 10 hingga 14 hari.

4. Hijau

Sistem kebebalan Anda benar-benar sedang melakukan perlawanan. lendir tebal akan membawa sel-sel putih yang mati dan sisa-sisa pertempuran dalam tubuh yang mengandung enzim dan warna kuning kehijauan.

Jika Anda masih sakit setelah sekitar 12 hari, bisa jadi itu pertanda sinusitis atau infeksi bakter. Apabila merasakan demam atau mual, periksakan segera ke dokter.

Darah

5. Merah jambu atau merah

Ini adalah darah. Ada jaringan di hidung yang entah bagaimana rusak. Mungkin, karena kering, iritasi, atau dampak dari suatu hal.

6. Cokelat

Bisa jadi, itu adalah darah. Namun, ingus berwarna cokelat mungkin saja adalah sesuatu yang dihirup seperti kotoran atau tembakau.

7. Hitam

Apabila Anda bukan perokok atau pengguna obat-obatan terlarang, lendir berwarna hitam bisa berarti infeksi jamur yang serius.

Infeksi ini biasanya terjadi pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang terganggu. Orang yang mengalami ini haruslah segera mengunjungi dokter.

Sumber : https://www.liputan6.com/health/read/3580575/warna-ingus-dan-kondisi-tubuh-cek-anda-yang-mana

About admin

Check Also

Awas, 6 Kebiasaan Ini Bikin Kulit Cepat Kusam dan Keriput

6 kebiasaan yang membuat kulit terlihat lebih cepat menua (foto: Istockphoto) Liputan6.com, Jakarta Pada titik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *